Tips Mengatasi Perut Mual

by Shinta Melianasari


Mual, atau rasa tidak enak pada perut, adalah keadaan yang umum tetapi tidak nyaman. Rasa mual dapat berupa jijik ringan sampai keinginan kuat untuk muntah. Mual bukan penyakit, tetapi sekadar gejala dari suatu masalah lain. Mual merupakan efek samping umum dari banyak obat yang dipakai untuk penanganan penyakit HIV. Mual juga dapat disebabkan oleh stres, sakit kepala, makanan basi, virus di perut, bau yang tidak enak, terlalu banyak atau sedikit makan atau minum, alkohol, narkoba, dan mual di waktu pagi pada ibu hamil.

Walaupun setiap orang mengalami mual dari waktu ke waktu, mual terus-menerus dapat mengganggu mutu hidup kita. Mual dapat mempersulit makan, minum dan pemakaian obat, yang sering kali mengakibatkan obat tidak dipakai sesuai resep. Untuk itu, adalah penting bagi kita untuk mencegah dan mengendalikan rasa mual.

Seringkali rasa mual datang tiba tiba tanpa anda ketahui penyebabnya, hal ini sangat mengganggu aktivitas sehari hari anda. Berikut beberapa cara unuk mengatasi rasa mual tersebut:
  1. Makan sedikt sedikit tapi sering dan makanlah makanan yang banyak mengandung serat dan rendah lemak;
  2. Minum air putih yang banyak dan jangan minum yang mengandung alkohol juga kopi;
  3. Istirahat dengan cukup;
  4. Hirup udara segar di pagi hari dan nikmati sinar matahari pagi sebelum anda mandi di pagi hari.


Comments
0 Comments

{ 0 komentar. Read them below or add one }

Posting Komentar