Bagaimana Mengatasi Pilek/flu

by Shinta Melianasari on 2011-10-15


Bagaimana Mengatasi Pilek/flu - Anda mungkin tak bisa menghilangkan pilek atau flu sama sekali,tapi dapat mengurangi keparahan dan durasi.

langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengenali tanda-tanda sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat. Bersin, hidung meler dan sakit kerongkongan adalah tanda-tanda pilek. Demam, sakit kepala, sakit di seluruh tubuh dan lelah yang luar biasa.

Cara Mengatasi
Untuk pilek, coba dapatkan vitamin C 1000 mg dapat meningkatkan aktivitas sistem imun hanya dalam waktu 5 jam. Jika anda terserang flu, periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan obat resep yang dapat mencegah virus memperbanyak diri di dalam tubuh jika diminum dalam waktu 48 jam. Meminimalisir simptom dan mengurangi lamanya sakit antara 1 atau 2 hari.

Vitamin C dan beta karoten adalah antioksidan yang Ampuh dalam pembasmi virus dan sering ditemukan dalam makanan. Antioksidan dan menstimulir fungsi imun dan membantu tubuh memerangi penyakit dan infeksi.

Terapi Makanan
makanan tertentu dapat membantu meningkatkan imunitas sehingga tubuh dapat memerangi infeksi seperti flu.Terdiri dari:Makanan-makanan kaya vitamin C ; jeruk, lemon, grapefruit, pepaya, stroberi, jambu biji, kol, brokoli, paprika hijau. Makanan-makanan kaya beta karoten; labu kuning, ubi jalar, brokoli, bayam, peach kuning yang segar atau yang dikeringkan.

Makanan-makanan kaya asam lemak omega 3 ;ikan berlemak dan makanan yang diperkaya omega 3. Asam lemak omega 3 mempunyai fungsi yang sama,dan produk-produk yogurt yang mengandung lactobacillus dan atau kultur bifidobacterium, meningkatkan imunitas dengan menstimulir tubuh memproduksi senyawa yang disebut cytokines, yang memerangi infeksi.

Makanan-makanan kaya zinc seperti ikan, seafood, terutama kerang segar dan kerang kalengan, daging, susu, unggas, telur, keju, selai kacang, padi-padian dan sereal yang tidak diolah. Zinc elemen jejak penting, juga menstimulir tubuh untuk memerangi infeksi seperti flu.

Kamu bisa menggunakan beberapa tips berikut ini sebagai langkah awal pencegahan dan pengobatan awal terhadap penyakit flu sebelum pengobatan melalui obat maupun ke dokter.

1. Jangan bolos fitness

Dari studi yang dilakukan ditemukan fakta bahwa demam atau flu tidak bisa bereffect pada aktifitas fisik. Itu berarti dengan melakukan fitness dan dilakukan secara kontinu akan menyembuhkan lebih cepat dari pada tidak melakukan kegiatan fitness.

2. Hindari suhu yang memiliki udara kering

Dari studi yang dilakukan flu bisa menyebar dengan baik dalam udara yang kering. Ketika jumlah air dalam udara sangat rendah, virus flu bisa berkembang lebih baik. Jika udara di dalam rumah mu terlalu kering, belilah alat yang membantu meningkatkan kualitas air dalam udara.

3. Pergi ke sauna

Dengan melakukan sauna akan mengurangi gejala pada flu. Dari studi yang dilakukan bahwa orang yang pergi sauna secara regular sangat jarang terjangkit demam dan flu dari pada orang yang tidak pergi sauna. Selain itu dengan melakukan sauna akan membuat tubuh lebih rileks sehingga akan mengurangi kemungkinan terjangkit penyakit.

4. Hindari dingin

Sangat baik sekali apabila orang terjangkit flu untuk memekai pakaian yang tebal seperti lebih dari satu baju atau menggunakan baju hangat atau sweater. Dari studi yang dilakukan, orang yang sangat sering kena demam, lebih cepat terjangkit demam lagi di kemudian hari.

5. Tidur yang lebih

Orang yang tidur kurang dari 7 jam semalam adalah 3 kali lebih besar kemungkinan terjangkit demam dari pada orang yang tidur 8 jam atau lebih. Jadi selalu coba untuk tidur yang cukup sehinggi mengurangi resiko sakit.

Cobalah untuk mengikuti tips diatas, semoga akan membantu kamu untuk selalu sehat dan tidak rentan penyakit.


Comments
0 Comments

{ 0 komentar. Read them below or add one }

Poskan Komentar