Mengobati Sakit Maag

by Shinta Melianasari


Mengobati Sakit Maag. Sakit maag terjadi akibat adanya luka pada lambung. Asam lambung yang terus diproduksi akan menyebabkan rasa nyeri pada lambung tersebut. Semua luka yang ada di tubuh akan terasa sakit/pedih jika terkena zat asam. Coba saja… jika kulit Anda luka di tetesi air jeruk nipis, he.. he.. hee… pasti lebih sakit dari pada ditetesi air.

Tapi asam lambung jangan dimarahi, karena fungsinya sangat penting bagi tubuh kita. Selain dapat mempercepat menggemburkan makanan, dia juga sebagai jagoan untuk membunuh bakteri yang masuk dalam makanan sehingga makanan menjadi steril setelah masuk ke usus halus.

Lantas, bagaimana mengobati sakit maag???

Pakai obat sakit maag??? Itu sudah biasa, tapi ingat! Obat sakit maag yang Anda minum itu bersifat basa. Jika basa ketemu asam lambung, maka kondisinya menjadi netral sehingga sifatnya seperti air. Dengan demikian luka lambung Anda tidak sakit lagi karena asamnya sudah netral. Konsekuensinya jika masih ada makanan di lambung tidak mudah dilumatkan/dihaluskan karena asam lambungnya lagi pinsan. Oleh karena itu jangan minum obat maag jika Anda sedang kenyang, waah… kasihan itu lambung!!!

Tips dari saya, jika Anda punya sakit maag :
  1. Hindarilah makan yang berlebihan atau kekenyangan, karena lambung Anda akan mekar berlebihan dan luka yang lama akan pecah kembali;
  2. Jangan biarkan perut kelaparan apalagi kondisi Anda sedang sibuk berfikir/bekerja. Lambung yang berkontraksi tanpa isi makanan akan saling meremas antar dinding lambungnya sehingga akan terjadi luka pada lambung Anda;
  3. Hindari makanan atau minuman yang terlalu pedas atau asam (kecut). Sebenarnya luka pada lambung tidak bisa sembuh total, suatu ketika jika terkena pedas dan kecut yang berlebihan akan terasa sakit.

Bagaimana jika maag sedang kambuh???

Ok… saya punya cara yang sangat manjur tanpa tanpa harus minum obat. Ketika sakit maag Anda sedang kambuh :
  1. Ambil nasi putih 3-4 sendok dan lauknya cukup dengan tahu/tempe goreng atau krupuk. Anda jangan berfikir makanan yang bergizi dulu…. OK!
  2. Kunyahlah nasi dan lauk tadi hingga lembut/halus betul baru ditelan. Makanan yang masih kasar akan menyakitkan lambung yang luka.
  3. Setelah nasi habis, silahkan minum air putih setengah gelas saja. Jangan berfikir dengan dehidrasi atau kebutuhan air sehari. Ingat, Anda sedang sakit!!! Dalam 5-10 menit perut Anda akan terasa lebih nyaman walaupun hanya beberapa saat karena asam lambung sedang dinetralisir oleh makanan.
  4. Dalam waktu satu sampai dua jam perut Anda akan terasa sakit lagi. Lakukan lagi langkah no. 1-3.
  5. Interval rasa sakit Anda akan lebih jarang, itu artinya ada kemajuan dengan lambung. Anda boleh menambah nasi jika merasa sudah baik.
  6. Dalam 2-3 hari Anda sudah boleh makan secara normal. Silahkan berfikir tentang gizi dan makanan sehat lainnya…, tapi ingaaaaattt!!! Jangan makan kekenyangan, jangan sampai kelaparan, jangan makan tergesa-gesa, jangan makan yang terlalu pedas dan kecut/asam. Emosi Anda yang harus dikendalikan…!!!
Semoga artikel Mengobati Sakit Maag ini bermanfaat.


Comments
0 Comments

{ 0 komentar. Read them below or add one }

Posting Komentar